Rabu, 07 September 2011

Keadilan menurut Agama Dan Matematika


Apakah itu keadilan??? Kalau membahas tentang keadilan, pasti di benak teman-teman semua memikirkan sesuatu yang seimbang, seperti sebuah timbangan yang sejajar. Adil juga bisa diartikan bahwa apabila 2 kue dibagikan kepada 2 orang, maka setiap orang akan mendapatkan masing-masing 1 kue... yang dimaksud keadilan kan seperti itu.....
Nah, mari kita lihat permasalahan yang satu ini,
Menurut agama, pembagian warisan terhadap anak laki-laki dengan anak perempuan itu perbandingannya 2 : 1... apakah itu adil??? Menurut teman-teman bagaimana??? Beberapa professor matematika mengatakan bahwa Allah itu tidak adil... ini adalah kata para professor matematika... Bagaimana dengan teman-teman?? Kita sendiri tahu bahwa professor adalah orang yang berilmu tinggi. tapi apakah benar begitu???
Mereka mengatakan, secara matematika 2 : 1 itu jelas-jelas tidak adil, bagaimana bisa 2 sebanding dengan 1,! Kalau memang sebanding, seharusnya 2 senilai dengan 1,... tapi, apakah 2 = 1?? (masuk akal juga sih)
Jelas – jelas salah bukan???
Tapi, beberapa professor matematika yang lain mengatakan bahwa Allah itu benar-benar adil, bahkan ada yang bisa menjelaskan bahwa 2=1.... benarkah begitu, mari kita lihat analisisnya!!!
Kita mulai dari pernyataan bahwa:
 a = a, kmudian tanpa menyalahi aturan matematika, dapat di lakukan langkah berikut
a = a
a^2 = a^2
a^2 – a^2 = a^2 – a^2
(a + a)(a – a) = a(a – a)
a + a = a
2a = a
2 = 1
Nah, bahkan seorang manusia pun yang tidak lain adalah ciptaan-Nya bisa membuktikannya, apalagi Allah... kita sebagai manusia masih sangat kurang dalam hal pengetahuan, seorang professor pun bisa saling berbeda pendapat.... apalagi kita yang masih awam ini, seperti itulah hidup, kadang kita masuk kepada hal yang menurut kita baik, tetapi dimata-Nya itu adalah hal yang buruk... begitupun sebaliknya............ kita bisa saja terjerumus kepada hal yang salah apabila dasar kita memang sudah salah,,,,, semua tergantung dari dasar yang kita punya, seperti pohon yang tdk memiki akar yang kuat pasti akan mudah terjatuh, tetapi bayangkan apabila sebuah pohon memiliki akar yang kuat, tak akan mudah jatuh dan akan terus tumbuh kuat dan bahkan akan menembus langit yang sama sekali tak pernah kita bayangka!
Tapi, bagaimana pun juga, kita sebagai manusia tak bisa menyalahkan Allah, karena Allah telah mengatur segalanya dengan seadil-adilnya...... tiada makhluk yang mampu melakukan hal yang seadil2nya melainkan Allah SWT.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar