Senin, 12 September 2011

Antara Professor di dalam dan di luar negeri

Kalau dengar  yang namanya professor,  pasti yang kebayang adalah seseorang yang sangat hebat. Tapi, pernah kah kita berpikir mengapa negara kita selalu tertinggal oleh negara lain? Kita lihat dari orang-orang hebat dari dalam negeri kita sendiri.... negeri kita juga punya banyak professor-professor hebat, tapi, apa yang mereka buat? Penemuan? Sesuatu yang bermanfaat bagi negeri kita? Yang bisa membuat negeri kita berkembang? Tapi, kenyataannya, hanya beberapa yang berhasil membuat penemuan baru, sebagian lagi hanyalah membuat makalah yang kalau di susun bisa sampai ke bulan tuh makalah! Tapi, mengapa mereka tak banyak membuat penemuan?
Apakah mereka tidak memiliki kemampuan yang sama dengan professor dari luar negeri?  Kenyataannya, banyak orang-orang Indonesia yang telah berhasil membuat penemuan  yang sangat berguna, tapi justru dibuat di luar negeri! Seperti Pak Habibi misalnya, yang  justru membuat sebuah pesawat di German, yang justru menjadi milik negara German sampai sekarang!
Mengapa? Apakah pak habibi tidak suka dengan negeri kita ini?? Tentu jawabannya tidak!!!! Terus mengapa, mengapa, dan mengapa?
Kembali kepada negeri kita sendiri!
Apakah pernah pemerintah kita membiayai para professor untuk melakukan suatu penelitian? Untuk membuat suatu penemuan? Apakah mereka mau membiayai pak Habibi ketika akan membuat hasil karyanya itu yang justru menjadi miik negara German??
justru, kalau kita lihat, kebanyakan para professor suksesnya di luar negeri. Sangat jarang yang berhasil dalam negeri, yang ada hanyalah makalah yang berhasil mereka buat, tapi sangat sedikit penemuan! Bukan karena para professor dari negeri kita tak mampu membuat sesuatu hal yang baru, tetapi karena pemerintah kita sendiri yang hanya memandang sebelah mata para professor di negeri kita ini, Indonesia! Kebanyakan dari mereka akhirnya lari keluar negeri untuk melakukan sebuah penelitian, karena tidak di pungkiri, di luar sana, mereka dibiayai sepenuhnya, begitu diperhatikan, dan tak di pandang sebelah mata oleh para pemimpin di luar sana!!!
Dan sampai sekarang, para pemimpin kita yang tetap bertahan di dalam negeri ini, hanya tinggal beberapa orang saja yang benar-benar mampu bertanggung jawab untuk negeri kita ini, sisanya hanyalah para koruptor yang membuat negeri kita semakin hancur, bisa jadi nantinya, apa bila tak ada perubahan dan tetap seperti ini, Indonesia akan menjadi negara terbodoh di dunia!
Sahabat-sahabat sekalian, trus apa yang akan kita lakukan bila terus-terusan begini? Apakah kita hanya akan mengikuti jejak-jejak mereka? Kuliah dalam negeri, mengambil s1, s2 dalam negeri dan ujung-ujungnya kita lanjut ambil s3 di luar negeri dan mengabdi di sana?
Terus apa yang akan kita lakukan bila pemimpin kita tidak berhasil membuat sebuah perubahan nyata untuk negeri kita ini? Apakah  yang kita lakukan hanyalah berdemo, unjuk rasa dan lain-lain? Para pemimpin kita bukanlah seseorang yang gagal! Mereka tak sepantasnya kita cela! Mereka membutuhkan KITA nantinya! Inilah tantangan kita sebagai generasi muda! Kita akan merubah, dan melanjutkan apa yang selama ini di inginkan oleh negeri kita ini!

2 komentar:

  1. yap, intinya beberapa penghuni negeri KITA ini sakit, mulai dari penduduk ekonomi lemah sampai pada penduduk yang termasuk kategori the law of diminishing return (a.k.a. penduduk yang sudah tidak bisa menikmati kekayaannya, saking kayanya,,, :D)
    termasuk pula institusi naungan pemerintah.
    mereka lebih mengutamakan uang dibanding hasil kerja. bagi mreka, kerjaan mah belakangan,,
    need a proof?
    liat aja pemerimaan CPNS di negeri kita, sudah kayak tender sj, siapa gede dia yang menang..kualitas akademik dan profesionalisme tidak dikedepankan lagi,mereka lebih suka megadopsi budaya bodoh (a.k.a. SUAP2AN COY..!!)
    kan lagi keren skrg...:D
    HAHHAHAHAHAH

    mana pemimpin yang berjanji membangun daerah?
    apa yg sudah dibangun coba??
    mana progress report-nya.??? mana.???? mana.????? hadehh....

    BalasHapus
  2. huh,,,,,,,,,,, Indonesia memang sprti ini!!! bagaimna mungkin mereka yang benar bisa bertahan di negeri kita ini?? mereka yang hebat-hebat justru lari keluar negeri dan menetap di sana! di Indonesia yang tinggal hanyalah orang-orang yang sakit, para pemimpin yang sudah tidak waras karena uang! mereka semua menjadi bodoh karena uang!
    tapi, bagaimana pun juga, kita adalah orang-orang Indonesia! Indonesia butuh perubahan! butuh seseorang yang sehat yang akan merubah negeri kita ini!!!

    BalasHapus